Senin, 13 Mei 2024

author photo


POSMETROSUMUT.COM | ROKAN HILIR -  Program TNI-AD Manunggal Air merupakan wujud nyata kehadiran TNI-AD di tengah masyarakat sebagai solusi untuk sulitnya memenuhi kebutuhan air yang bersih.


Apalagi, di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) merupakan daerah rawa yang sangat sulit untuk mendapatkan air bersih bagi masyarakat.


Kodim 0321 Rohil sendiri dibawah komando Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP telah melaksanakan program TNI-AD Manunggal Air di beberapa tempat. Salah satunya berada di depan Makodim 0321/Rohil dilakukan secara swadaya.


Dandim 0321 Rohil Letkol Kav Nugaraha Yudha Perwiranegara S.IP, Minggu (12/5/2024) menyebutkan, pembuatan sumur bor sedalam 360 meter tersebut dilakukan secara swadaya dengan memanfaatkan potensi wilayah yang ada.


Apalagi, sumur bor tersebut menggunakan pipa ukuran 4 inch jenis pipa Galvanis Sch40 SPINDO. Sehingga lebih tebal dan tahan terhadap korosi.


Dimana lanjut Dandim, pembuatan sumur bor air bersih merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan bakti TNI untuk menangani masalah-masalah sosial dan kemanusiaan, baik berdasarkan permintaan ataupun inisiatif sendiri.


Kegiatan manunggal air ini sebut Dandim, merupakan tindak lanjut arahan dari Kasad dan Danrem 031/Wira Bima kepada seluruh jajaran.


“Program manunggal air merupakan salah satu upaya yang di laksanakan oleh TNI AD dalam membantu rakyat. Karena di beberapa daerah khususnya di Kabupaten Rohil karena masih banyak wilayah yang masih kekurangan air bersih,” katanya.


Di mana jelas Dandim, ketersediaan air bersih dalam kehidupan sangat menentukan masyarakat hidup sehat. Makanya, untuk mewujudkan atau penyediaan air bersih lebih mudah bagi masyarakat dengan memanfaatkan sumur bor.


Penyediaan air bersih yang berada di depan Makodim kata Dandim, sangat membantu masyarakat sekitar yang selama ini sangat kesulitan mendapatkan air bersih.


“Jadi bagi siapa saja masyarakat sekitar yang membutuhkan dapat menggunakan air bersih yang kita sediakan tersebut,” terang Dandim.


Dandim menambahkan, dengan upaya penyediaan air bersih bagi masyarakat ini juga menjadi salah satu langkah mempercepat penurunan stunting di Kabupaten Rohil. Sebab, dengan air yang bersih, kehidupan masyarakat akan lebih sehat.


“Diharapkan dengan adanya fasilitas air bersih ini dapat membantu memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat serta memberikan berkah dan manfaat bagi kita semuanya,” pungkasnya.


Penulis: Red

www.posmetrosumut.com

Advertise

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post